SOAL LATIHAN UAMBK USHUL FIKIH PEMINATAN KEAGAMAAN 2021
Sahabat, Sebentar lagi kalian akan menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berbasis Komputer (UAMBK), Yuk lebih semangat lagi belajarnya. Berikut ini adalah soal-soal latihan mata pelajaran Ushul Fikih untuk peminatan keagamaan. Silahkan dipelajari dan dikerjakan. Semoga menambah semangat belajar kita. aamiin.
SOAL PILIHAN GANDA
01 |
PERTANYAAN |
Perbuatan
yang dituntut oleh Allah untuk di lakukan dengan tuntutan pasti, dimana
pelakunya akan mendapat pahala dan yang meninggalkan akan mendapat hukuman
atau siksaan, disebut ... |
|
A |
Wajib |
|
B |
Sunnah |
|
C |
Makruh |
|
D |
Haram |
|
E |
Sah |
02 |
PERTANYAAN |
Pekerjaan
yang dituntut untuk di lakukan tetapi syariat tidak menentukan waktu
pelaksanaannya, disebut dengan ... |
|
A |
wajib
mutlak |
|
B |
wajib
muqoyyad |
|
C |
wajib aini |
|
D |
wajib
kifayah |
|
E |
wajib
muayyan |
03 |
PERTANYAAN |
Ditinjau
dari orang yang dituntut untuk melaksanakannya wajib terbagi menjadi dua,
yaitu ... |
|
A |
Wajib
Sharih dan Wajib Kinayah |
|
B |
Wajib
Mutlak dan Wajib Muqoyyad |
|
C |
Wajib
Fardu dan Wajib Muqoyyad |
|
D |
Wajib aini
dan wajib kifayah |
|
E |
Wajib
Qath’ie dan Wajib Dhanni |
04 |
PERTANYAAN |
Contoh
perbuatan haram karena berkaitan dengan perbuatan lain adalah ... |
|
A |
jual beli
yang hukum asalnya mubah, berubah menjadi haram bagi laki-laki ketika adzan
jumah |
|
B |
Durhaka
kepada kedua orang tua karena hal itu bisa merugikan diri sendiri dan meyakiti
hati orang tua |
|
C |
perbuatan
zina yang didahului karena proses pacaran |
|
D |
mencuri
karena merugikan orang lain |
|
E |
meminum-minuman
keras karena dapat membahayakan diri sendiri dan bahkan orang lain |
05 |
PERTANYAAN |
Sifat
fitrah manusia yang diberikan Allah kepada manusia sejak dilahirkan atau
kepantasan manusia dalam mendapatkan hak dan kewajibannya. Seperti wajibnya
membayar zakat fitrah bagi anak-anak, hak untuk mendapatkan warisan bagi
janin dll. disebut ahliyyah ...
|
|
A |
qath’i |
|
B |
dhanni |
|
C |
ada’ |
|
D |
al-wujuh |
|
E |
Aini |
06 |
PERTANYAAN |
Tuntutan
melakukan pekerjaan dari yang lebih tinggi (kedudukannya) kepada yang lebih
rendah dinamakan ... |
|
A |
Amr |
|
B |
Do’a |
|
C |
Iltimas |
|
D |
Nahi |
|
E |
Tolab |
07 |
PERTANYAAN |
Amr yang terdapat pada firman Allah ta’ala: menunjukkan arti… |
|
A |
Ibahah |
|
B |
Ikram |
|
C |
Tahdid |
|
D |
Ta’jiz |
|
E |
Irsyad |
08 |
PERTANYAAN |
Menurut
pendapat mayoritas ulama, amr yang tidak disertai dengan qarinah (indikasi)
yang dapat memalingkan makna aslinya ke makna yang lain menunjukkan arti … |
|
A |
Sunnah |
|
B |
Mubah |
|
C |
Mustahab |
|
D |
Wajib |
|
E |
Jawaban A
dan C benar |
09 |
PERTANYAAN |
Perintah
terhadap sesuatu merupakan larangan tentang satu hal yang menjadi lawannya.
Qaidah ushuliyah yang merangkum makna pernyataan di atas adalah… |
|
|
A |
|
|
|
B |
|
|
|
C |
|
|
|
D |
|
|
|
E |
|
|
10 |
PERTANYAAN |
Lafadh ‘Am
adalah lafadh yang mengandung pengertian umum tanpa batas, yang seluruh
anggota lafadh tersebut tercakup di dalamnya dengan sekali sebut. Kalimat
“dengan sekali sebut” pada definisi lafadh ‘Am di atas, untuk membedakan
lafadh tersebut dengan lafadh… |
|
A |
Muqayyad |
|
B |
Musytarak |
|
C |
Mujmal |
|
D |
Mutlaq |
|
E |
Khas |
11 |
PERTANYAAN |
Memalingkan
lafadh ‘Am dari keumumannya, dengan mengeluarkan sebagian anggota yang ia
miliki sehingga keterkaitan hukum terbatas pada anggota lafadh ‘Am yang
tersisa disebut… |
|
A |
Bayan
al-mukhassis |
|
B |
Taqyid
al-‘am |
|
C |
Takhsish
al-‘am |
|
D |
Taqsim
al-‘am Al-‘amal |
|
E |
bi
‘umum al-‘am |
12 |
PERTANYAAN |
Kategori
mukhassis yang tidak bisa berdiri sendiri, dan maknanya senantiasa terkait
dengan lafadh sebelumnya disebut… |
|
A |
Al-mukhassis
al-mufarraq |
|
B |
Al-mukhassis
al-muttasil |
|
C |
Al-mukhasissis
al-mubayyan |
|
D |
Al-mukhassis
al-munfasil |
|
E |
Al-mukhassis
al- muqayyid |
13 |
PERTANYAAN |
Upaya
seseorang ahli fiqih dengan kemampuannya dalam mewujudkan hukum-hukum
amalaiah yang diambil dari dalil-dalil yang rinci, disebut ... |
|
A |
Jihad |
|
B |
Ijtihad |
|
C |
Qiyas |
|
D |
Mujtahid |
|
E |
Fuqoha |
14 |
PERTANYAAN |
Di bawah
ini yang tidak termasuk Syarat-syarat Mujtahid menurut Abu Az-Zahrah adalah
... |
|
A |
Mengetahui
makna ayat-ayat hukum yang terdapat didalam Al Qur’an |
|
B |
Mengetahui
makna hadis-hadis hukum secara bahasa maupun istilah. |
|
C |
Mengetahui
nasikh-mansukh baik dari Al Qur’an maupun Sunnah. |
|
D |
Mengetahui
ijma’ sehingga tidak berfatwa atau berpendapat yang menyalahi ijmw’terdahulu. |
|
E |
Menguasai
Ilmu syiasah dan cabang-cabangnya |
15 |
PERTANYAAN |
Mujtahid
yang mempunyai pengetahuan lengkap untuk beristimbath dengan Al Qur’an dan Al
Hadis dengan menggunakan kaidah mereka sendiri dan diakui kekuatannya oleh
tokoh agama yang lain, disebut ... |
|
A |
Mujtahid
Mutlaq |
|
B |
Mujtahid
Muntasib |
|
C |
Mujtahid
Fil Madzhab |
|
D |
Mujtahid
Tarjih |
|
E |
Mujahid Fi
Sabilillah |
16 |
PERTANYAAN |
Di bawah
ini yang tidak termasuk Metode Ijtihad adalah .... |
|
A |
Ijma’ |
|
B |
Qiyas |
|
C |
Istihsan |
|
D |
Al-Quran |
|
E |
‘Urf |
|
KUNCI |
D |
17 |
PERTANYAAN |
Di bawah
ini yang termasuk tujuan Ijtihad adalah .... |
|
A |
Agar dapat
mengistinbathkan hukum-hukum secara baik dan benar sesuai dengan yang
dikehendaki oleh Syar'i itu sendiri |
|
B |
Agar umat
lebih mudah menjalankan Aturan-aturan agama sesuai kemampuan mereka
masing-masing |
|
C |
Agar kita
bisa menjalankan syariat Islam dengan lebih percaya diri karena kita terlibat
dalam menentukan dan memutuskan suatu hukum |
|
D |
Agar kita
bisa membuat suatu hukum syariat sesuai dengan keinginan kita sendiri |
|
E |
Agar umat
islam bisa aktif dan kreatif dalam memutuskan hukum sesuai dengan akal
fikiran dan keinginan mereka. |
18 |
PERTANYAAN |
Penerimaan
perkataan seseorang sedang engkau tidak mengetahuinya dari mana asal perkataan
tersebut, disebut ... |
|
A |
Ijtihad |
|
B |
Qiyas |
|
C |
Taqlid |
|
D |
Ittiba' |
|
E |
Syariah |
|
KUNCI |
C |
19 |
PERTANYAAN |
Ulama
menyatakan bahwa ittiba itu hanya diperbolehkan kepada Allah, Rasul, dan para
sahabat saja, tidak boleh kepada yang lain adalah ... |
|
A |
Imam Ahmad
bin Hambal |
|
B |
Imam Al
Ghazali |
|
C |
Imam Daud
Ad Dhahiri |
|
D |
Imam At
Timidi Imam |
|
E |
Bukhari
dan Imam Muslim |
20 |
PERTANYAAN |
Mengambil
atau megikuti hukum dari suatu peristiwa atau kejadian dengan mengambilnya
dari berbagai macam madzhab, disebut ... |
|
A |
Ta’zir |
|
B |
Talfiq |
|
C |
Taqlid |
|
D |
Ittiba' |
|
E |
Qiyas |
21 |
PERTANYAAN |
Di dalam
fikih berkembang beberapa pemikiran madzhab yang satu dengan yang lainnya ada
sejumlah perbedaan dalam menentukan hukum, menurut Abdul Wahhab Khallaf
berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut .... |
|
A |
Perbedaan
dalam penentuan sumber tasyri’ |
|
B |
Perbedaan
daerah antara satu dengan yang lainnya |
|
C |
Perbedaan
bahasa antara ulama’ madzhab |
|
D |
Perbedaan
masa hidup |
|
E |
Perbedaan
agama antar mereka |
22 |
PERTANYAAN |
Dibawah
ini yang merupakan Madzhab Fiqh sunni adalah .... |
|
A |
Madzhab
hanafi, madzhab maliki, mahdzhab syafi’i, madzhab Ats Tasauri |
|
B |
Madzhab
hanafi, madzhab maliki, mahdzhab syafi’i, madzhab hambali |
|
C |
Madzhab
Zahidiyah dan Madzhab Imamiyah |
|
D |
Madzhab
Ats Tsauri, madzhab Al awza’i dan madzhab Az Zahiri |
|
E |
Madzhab
Imam abu hanifah dan madzhab imam malik |
23 |
PERTANYAAN |
Didalam
ilmu fiqih Imam Syafi’i diikuti sebagian besar orang indonesia, dalam
pemikiran madzhab fiqih beliau termasuk kelompok .... |
|
A |
Ahli
hadits |
|
B |
Ahli Ra’yi |
|
C |
Moderat |
|
D |
Fundamental |
|
E |
Ahli
Al-Qur’an |
24 |
PERTANYAAN |
Seseorang
yang dalam perjalan jauh (musafir) diperbolehkan mengqashar shalat, hal
tersebut termasuk contoh hukum wadh’i ... |
|
A |
Sebab |
|
B |
Syarat |
|
C |
Mani’ |
|
D |
Rukhsah |
|
E |
Azimah |
25 |
PERTANYAAN |
Pekerjaan
yang dituntut untuk dilakukan tetapi syariat menentukan waktu pelaksanaannya,
adalah pengertian dari .... |
|
A |
Wajib
‘aini |
|
B |
Wajib
kifai |
|
C |
Wajib
mutlak |
|
D |
Wajib
muqoyyad |
|
E |
Wajib
muhaddad |
26 |
PERTANYAAN |
Setiap ilmu mempunyai obyek kaijan tersendiri termasuk ilmu ushul
fiqih. Dibawah ini yang bukan
merupakan obyek kajian ilmu ushul fiqih Menurut Muhammad Mustafa
az-Zuhaili adalah... |
|
A |
Mengkaji
sumber hukum Islam atau dalil-dalil yang digunakan dalam menggali hukum
syara’ |
|
B |
Pembahasan
tentang hukum syara’ (nas dan ijma’), yang meliputi syarat dan macam-macamnya |
|
C |
Mencarikan
jalan keluar dari dalil-dalil yang secara lahir dianggap bertentangan |
|
D |
Pembahasan
ijtihad, syarat-syarat, dan sifat-sifat orang yang melakukannya (mujtahid) |
|
E |
mengkaji
hal-hal yang berkaitan dengan aqidah dan tauhid |
27 |
PERTANYAAN |
Ilmu ushul
fiqih sangat penting kita pelajari. Dibawah ini yang merupakan tujuan
mempelajari ilmu Ushul Fiqih adalah … |
|
A |
Untuk
mengetahui proses pengambilan keputusan hukum/istimbath dari dalil-dalil nash
dan alasan-alasanya. |
|
B |
Untuk
menjadikan kita manusia yang berkahlaq mulia |
|
C |
Untuk
menciptakan hukum-hukum baru yang dianggap lebih mempermudah ummat |
|
D |
Untuk
memperkuat keimanan dan ketaqwaan kita kepada Alllah SWT. |
|
E |
Agar kita
pandai dan lebih unggul dari orang lain yang hanya mengenal fiqih saja |
28 |
PERTANYAAN |
Untuk
mengetahui hukum-hukum syari’at Islam dengan jalan yakin (pasti) atau dengan
jalan zhan (dugaan, perkiraan). adalah merupakan ... |
|
A |
tujuan
Ilmu Kalam |
|
B |
tujuan
Ilmu Fikih |
|
C |
tujuan
ilmu Ushul fikih |
|
D |
tujuan
Ilmu Tauhid |
|
E |
tujuan
Ilmu Syari’at |
29 |
PERTANYAAN |
Pokok
bahasan Ilmu Fiqih adalah perbuatan orang-orang mukallaf, yakni orang-orang
yang telah dibebani ketetapan-ketetapan hukum agama Islam. Sedang Pokok
Bahasan Ushul Fiqih adalah ... |
|
A |
Menyelidiki
keadaan dalil-dalil syara’ dan menyelidiki bagaimana caranya dalil-dalil
tersebut menunjukkan hukum-hukum yang berhubungan dengan perbuatan orang
mukallaf |
|
B |
Menyelidiki
keadaan ibadah dan dan keimanan dari setiap orang Islam yang sudah mukallaf |
|
C |
Segala
amal ibadah yang di lakukan oleh setiap orang yang sudah mukallaf. |
|
D |
Menciptakan
hukum-hukum baru yang dianggap lebih mempermudah para mukallaf |
|
E |
mengkaji
hal-hal yang berkaitan dengan aqidah dan tauhid dari setiap orang mukallaf. |
30 |
PERTANYAAN |
Didalam
Ilmu ushul fikih terdapat airan-aliran. Berikut ini yang merupakan
aliran-aliran di dalam ushul fikih, adalah ... |
|
A |
Aliran
Kalamiyah dan Aliran Hanafiyah |
|
B |
Aliran
Syafiiyah dan Aliran Hambaliyah |
|
C |
Aliran
Ahli Sunnah dan Jamaah |
|
D |
Aliran
Asy’ariyah dan Aliran Maturidiyah |
|
E |
Aliran
Qadariyah dan Aliran Mu’tazilah |
31 |
PERTANYAAN |
Perhatikan
nama ulama’ berikut dan karyanya: 1). Imam
Kamal al-Din bin al-Humam al-Subhi dengan Kitabnya Jam’ul Jawami’ 2). Imam
Syafi’i dengan Kitabnya Al Um 3). Imam
Ghazali dengan Kitabnya Ihya’ Ulumuddin 4). Imam
Tajul Anwar dengan Kitabnya Al-Qawaidul Fikih 5). Imam
Hanafi dengan Kitabnya At Tasyri’ Yang
merupakan tokoh dalam Aliran Ilmu Ushul Fikih adalah nomor ... |
|
A |
1) |
|
B |
2) |
|
C |
3) |
|
D |
4) |
|
E |
5) |
32 |
PERTANYAAN |
Perhatikan
beberapa sumber ajaran Islam berikut ini: 1).
Al-hadits, kitab-kitab terdahulu dan ijma'. 2).
Al-qur'an, kitab-kitab salaf, dan alqiyas 3).
Al-Qur'an, as-sunnah, al-ijma', al-qiyas 4).
Al-qur'an, al-ijma' dan al-qiyas 5).
Al-hadits, al-ijma' dan al-qiyas Yang
merupakan sumber ajaran Islam yang disepakati ulama’ (muttafaq) adalah nomor
... |
|
A |
1) |
|
B |
2) |
|
C |
3) |
|
D |
4) |
|
E |
5) |
33 |
PERTANYAAN |
Hukum
meminum khamr sesuai dengan firman
Allah Q.S Al-Maidah; 90 adalah haram illat/atau sebabnya adalah karena
memabukkan. Oleh karenanya setiap minuman yang terdapat di dalamnya illat
yang sama dengan khamr dalam hukumnya maka minuman tersebut adalah haram,
penyamaan hukum seperti ini disebut dengan ... |
|
A |
‘Urf |
|
B |
Qiyas |
|
C |
Ijma’ |
|
D |
ijtihad |
|
E |
Muhakkam |
34 |
PERTANYAAN |
Berikut
ini adalah contoh hadits yang berfungsi memerinci ayat yang bersifat global
adalah ... |
|
A |
hadits
tentang diwajibkannya berpuasa ketika sudah melihat bulan |
|
B |
hadits
tentang tata cara shalat |
|
C |
hadits
tentang haram memadu dua wanita antara istri dan bibinya istri |
|
D |
hadits
tentang dilarangnya memakan binatang buas yang bertaring |
|
E |
hadits
tentang batasan potong tangan bagi pencuri |
35 |
PERTANYAAN |
Didalam
islam yang dijadikan sumber hukum ada yang disepakati oleh ulama dan ada pula
sumber hukum yang tidak disepakati. Di bawah ini yang tidak termasuk sumber
hukum islam yang mukhtalaf fih (tidak disepakati) adalah …. |
|
A |
Qiyas |
|
B |
Istihsan |
|
C |
istishab |
|
D |
Urf |
|
E |
Maslaha
mursalah |
36 |
PERTANYAAN |
Menetapkan
hukum yang telah ada pada masa lalu hingga ada dalil atau bukti yang
merubahnya, disebut ... |
|
A |
Saddu
Dzari’ah |
|
B |
Istihsan |
|
C |
Istishab |
|
D |
Urf |
|
E |
Qiyas |
37 |
PERTANYAAN |
Contoh
Berikut yang termasuk dari maslaha mursalah adalah… |
|
A |
Tata cara
shalat tarawih |
|
B |
Tata cara
haji |
|
C |
Puasa
senin kamis |
|
D |
Mencetak
al qur’an |
|
E |
Beristiri
lebih dari satu bagi lelaki |
38 |
PERTANYAAN |
Hukum
umrah sama dengan hukum haji yaitu wajib karena di sebut bersamaan dalam satu
ayat, pengambilan hukum seperti ini di sebut …. |
|
A |
Urf |
|
B |
Dalalatul
iqtiran |
|
C |
Muslaha
mursalah |
|
D |
istihsan |
|
E |
ijma’ |
39 |
PERTANYAAN |
Segala
sesuatu yang sudah dikenal masyarakat dan telah dibiasakannya serta
dijalankan secara terus-menerus baik berupa perkataan maupun perbuatan adalah
…. |
|
A |
Urf |
|
B |
istishab |
|
C |
istihsan |
|
D |
dalalatul
iqtiran |
|
E |
maslaha
mursalah |
40 |
PERTANYAAN |
Hal yang sesuai dengan kaidah tersebut adalah …. . |
|
A |
Ragu dalam
batalnya shalat |
|
B |
Ragu dalam
batalnya wudhu |
|
C |
Halalnya
segala sesuatu yang tidak ada dalil keharamanya |
|
D |
Wajibnya
shalat |
|
E |
Manusia
terebebas dari tanggungan orang lain |
41 |
PERTANYAAN |
Menurut
imam syafii bahwa bermain kartu tanpa taruhan hukumnya boleh, sumber hukum
yang di pakai adalah ... |
|
A |
Istishab |
|
B |
istihsan |
|
C |
Saddu
Dzariah |
|
D |
‘urf |
|
E |
maslaha
mursalah |
42 |
PERTANYAAN |
Adat
kebiasaan yang tidak bertentangan dengan norma agama di sebut …. |
|
A |
‘urf fasid |
|
B |
‘urf
shahih |
|
C |
dalalatul
iqtiran |
|
D |
maslaha
mursalah |
|
E |
istihsan |
43 |
PERTANYAAN |
Pendapat
para sahabat tentang hukum suatu kasus sepeninggal Rasululah saw. disebut ... |
|
A |
Syar’u Man
Qablana |
|
B |
Istihsan |
|
C |
istishab |
|
D |
Urf |
|
E |
Madzhab
Sahabi |
44 |
PERTANYAAN |
Imam
Syafii menolak menggunakan istihsan, perkataan yang di kenal berkaitan dengan
penolakanya adalah … |
|
A |
|
|
B |
|
|
C |
|
|
D |
|
|
E |
|
45 |
PERTANYAAN |
Mayoritas
ulama’ ushul fikih membagi hukum taklifi menjadi ... |
|
A |
3 macam |
|
B |
4. Macam |
|
C |
5 macam |
|
D |
6 macam |
|
E |
7 macam |
SOAL ESSAY:
- Apa yang kamu ketahui tentang nasikh-mansukh? Berikan penjelasannya secara etimologi dan terminologi?
- Apa yang kamu ketahui tentang Ta’arrudl al-Adillah? Berikan penjelasannya?
- Apakah ittiba’ itu wajib bagi semua umat Islam? Kepada siapa mereka harus ittiba’?
- Seandainya ada yang berwudlu tanpa niat (mengikuti madzhab Hanafi), dan ia hanya mengusap sehelai rambutnya (mengikuti madzhab Syafi’i), maka melakukan wudlu secara demikian itu disebut ...
- Apabila terdapat perbenturan dua dalil syar’i yang tidak mungkin untuk dikompromikan dengan cara apa pun, tidak mungkin pula diperlakukan ketentuan takhsis, tidak ditemukan pula cara untuk memberlakukan nasakh, tetapi ditemukan petunjuk yang mungkin menguatkan salah satu diantara dua dalil tersebut, maka digunakanlah dalil yang memiliki petunjuk yang menguatkan itu, hal ini disebut ...
Posting Komentar